Rabu, 16 September 2015

Surabaya Kota Pahlawan

Surabaya adalah kota dimana aku dilahirkan. Kota yang bersimbolkan hiu dan buaya. Kota yang sangat besar, bersih, dan hijau sesuai dengan slogannya "Surabaya green and clean". Jalanan di Surabaya begitu lebar. Tapi penduduknya juga sangat banyak. Tidak heran jika setiap jam berangkat dan pulang kerja jalanan sangat macet walaupun jalan di Surabaya sudah tergolong besar. Surabaya adalah ibu kota dari Jawa Timur. Bermacam - macam etnis dan karakter orang tinggal disini. Ada orang Cina, ada orang Arab, ada orang Madura, dan masih  banyak lagi.

Mungkin Surabaya juga terkenal dengan logat bahasanya yang "medok" dan juga "jowoan" yang mungkin tergolong kasar seperti misuh. Karena Surabaya terkenal akan logatnya yang seperti itu,  ada seorang pebisnis garmen yang mengambil ciri khas tersebut untuk dijadikan sebuah busana, yaitu CakCuk Surabaya.

Surabaya juga terkenal akan tim sepak bolanya, yaitu Persebaya 1927 dan supporternya Bonek Mania. Bonek ini bisa diartikan dengan Bondo Nekat. Sering terjadi kericuhan saat ada Bonek dan sasarannya biasanya orang yang tidak bersalah dan kendaraan yang berplat nomor N (Malang) karena dalam hal sepak bola Malang dan Surabaya bukan merupakan teman sepermainan istilahnya.

Untuk makanannya, di Surabaya terkenal dengan yang namanya lontong balap, rujak cingur, tahu campur, dan semanggi Suroboyo. Makanan tersebut merupakan makanan khas dari Surabaya yang sangat enak rasanya. Mungkin kalian semua bisa mencobanya sendiri karena disini aku tidak dapat menjelaskan betapa enaknya memakan makanan tersebut hehhehehe. Di Surabaya, juga terdapat lagu khas yang berjudul "Rek Ayo Rek". Lagunya seperti rek ayo rek mlaku - mlaku nang tunjungan, rek ayo rek rame - rame bebarengan dan seterusnyaaaa...

Di Surabaya juga terdapat banyak tempat yang asik. Ada mall, ada taman, ada jogging track, gedung sejarah, ada banyak deh. Contohnya adalah Tunjugan Plaza, Delta Plaza, Taman Bungkul yang merupakan salah satu ikon Surabaya, tugu pahlawan yang juga icon Surabaya, koni jogging track, monumen bambu runcing, monumen kapal selam, dan masih banyak lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar